Catatan Akhir dari Kami

Sejak awal, kami selalu menekankan pada setiap anggota Yayasan BIOMA akan pentingnya memegang ‘visi dan misi’. Hal ini tidak semata-mata guna menghindarkan adanya ‘penyelewengan’ terhadap ‘akar gagasan’, tetapi yang lebih penting adalah, bahwa ‘istiqomah’ (disiplin) adalah sangat penting bagi suatu organisasi untuk tetap ‘survive’, tanpa mengorbankan harga diri. Ibarat kapal… visi ‘kompas’ dan misi adalah ‘jangkar’nya, yang membuat kapal tidak mudah terombang-ambing dan karam.

Balita BIOMA – walaupun kami pandang belum optimal – sekarang terlihat sudah mulai berjalan. Dalam waktu beberapa tahun mendatang kami harapkan dapat berlari kencang dan bahkan melakukan lompatan panjang. Tetapi, sama dengan ‘gagasan’, kesemuanya itu bisa saja hanya tinggal menjadi ‘impian’, bilamana (1) setiap tanggung jawab dan kepercayaan yang diperoleh disia-siakan; (2) setiap cipta dan karya selalu dihasilkan dalam ‘serba kesempitan’; (3) setiap pengorbanan diperhitungkan sebagai satu kerugian; (4) setiap pujian sebagai puncak keberhasilan; (5) setiap kegagalan diyakini hanya sebagai kebetulan.

Terakhir tapi tidak kalah pentingnya, organisasi adalah kumpulan ‘kepala’, yang bisa jadi kunci sukses atau bahkan penyebab kegagalan. Katakanlah ‘there is not much different between one man and another’, akan tetapi ‘that small diffference is very important’. Tinggal bagaiman BIOMA mau dan mampu untuk mendayagunakan. Semoga!.