Sejarah

Dituliskan oleh: Mustofa Agung Sardjono dan Ismayadi Samsoedin

Artikel ringkas yang kami tulis berdua ini pada dasarnya dibuat untuk memenuhi permintaan dari Yayasan Biosfer dan Manusia (BIOMA) memaparkan asal muasal kelahiran yayasan tersebut, dalam rangka penyusunan buku Hari Ulang Tahunnya yang ke- 3. Untuk itu sebelum melangkah lebih jauh ingin kami sampaikan penghargaan dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Meskipun demikian, ingin kami garis bawahi pula, bahwa hal-hal yang terangkai dalam artikel ini tidak dimaksudkan untuk menonjolkan diri kami, apalagi guna mengambil manfaat dari semakin tumbuh dan berkembangnya Yayasan BIOMA.

Walaupun demikian, sejujurnya kami sampaikan harapan yang ada di hati ini adalah kiranya sejarah kelahiran yang akan kami tuliskan secara ‘rileks’ ini, dapatlah senantiasa menjadi ‘cermin dan pegangan bersama’ dari setiap anggota BIOMA, ataupun bahkan mungkin bisa menjadi ‘lesson – learnt’ yang berharga bagi setiap pembaca, bahwa kami telah membuktikan hal-hal yang masih sering disangsikan oleh banyak kalangan. Pertama, impian ataupun cita-cita hanya dapat terwujud dengan upaya nyata. Kedua, bahwa tidak ada perjuangan tanpa pengorbanan. Ketiga, bahwa kebersamaan dalam prinsip saling harga – menghargai adalah kunci keberhasilan suatu upaya.

Kami mohon maaf bila ada kesalahan atau kekurangan dalam penulisan ‘flash back’ ini, karena memang sejak awal kelahiran BIOMA kami sendiri sama sekali tidak bermaksud mengingat-ingat langkah demi langkah apalagi mencatat sedetil-detilnya kata demi kata. Ada kata bijak ‘An autobiography is a book that reveals nothing bad about its water except his memory’.